Thursday, January 20, 2011

Tips melindungi komputer deri Virus dan Hacker

Merepotkan memang jika komputer kita tiba-tiba ngadat ataupun tiba-tiba mati sendiri.gangguan pada komputer tidaklah selalu di sebabkan karena software atau hardware. Bisa saja hal itu terjadi karena disebabkan oleh virus dan spyware. Kedua program ini bisa menebabkan kinerja komputer terganggu yang di sebabkan oleh pihak luar yang bertujuan untuk mencuri data ataupun untuk merusak dan mengendalikan komputer. Yang pasti kedatangan virus ataupun spyware ini sungguh sangat berbahaya untuk kita dan juga komputer kita bila sudah terinfeksi. Virus dan spyware bisa merasuki komputer kita meskipun komputer kita tak pernah di pakai untuk online sekalipun. Bagaimana bisa ?bisa saja, komputer yang dihubungkan lewat USB flashdisk pun bisa tertular virus akibat dari menginstall software dari situs yang tidak terpercaya. Banyak situs yang mengandung virus berbahaya jika kita membuka situs tersebut. Oleh kareana itu kita harus hati-hati jika membuka suatu website. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, berikut ada beberapa tips ringan buat kamu yang bisa dilakukan utnuk mencegah masuknya virus dan spyware baik yang ringan maupun yang tingkat berat.
1. jangan sembarangan membuka attachment email (lampiran email) jangan sembarangan membuka attachment email yang kamu terima walaupun itu dari orang yang kita kenal sekalipun. Email yang seperti ini biasanya yang berakhiran .exe , .pif , bat dan lain sebagainya. Bisa saja ketika kita membuka attachment tersebut seketika itu pula komputer kita akan mendownload file yang berisi virus yang akan menginfeksi komputer kita.
2. pasang software keamanan yang terbaru. Pastikan komputer kamu terpasang software keamanan yang bisa diandalkan untuk menangkal serangan dari pihak luar untuk mengamankan otomatis komputer , minimal komputer kita harus sudah terinstall sebuah program anti virus yang berguna untuk menangkal virus, anti spyware yang berguna untuk menangkal spyware dan terakhir adalah firewall untuk menagkal dan untuk memblokir serangan dari para hacker yang mengintai kita. Dan pastikan software ini sudah terupdate dengan patch-patch terbaru yang akan memperkeci peluang virus dan spyware untuk menginfeksi komputer kita.
3. gunakan fasilitas user account. Buatlah account khusus untuk tamu atau orang lain yang bisa kamu setting sendiri dengan batasan tertentu. Hati-hati jika komputer kita tidak hanya dipakai oleh kita sendiri, tapi juga dipakai oleh orang lain. Sebab bisa saja ada orang yang sengaja menginstall software mata-mata yang bisa merekam apa yang kita lakukan dalam komputer kita. Dan ini akan berbahaya apa bila kita menggunakan komnputer kita untuk berinternet, Karana software mata-mata ini bisa saja merekam username atau password yang kita gunakan untuk masuk ke sebuah situs tertentu semisal facebook ataupun situs-situs yang lain.
4. selalu wapada dan hati-hati kalau kamu merasa ada yang tidak beres dengan komputer kamu ketika digunakan untuk berinternet ataupun yang lainnya, segera putuskan koneksi internet atau jaringan ke komputer kamu. Jalankan antivirus, anti spyware dan juga firewall. Periksalah apakah ketiga software keamanan ini sudah berjalan dengan baik dan bekerja semestinya. Dan kalau kamu mendapatkan suatu permintaan untuk menginstall suatu software dari situs yang tidak jelas, jangan pasang software ini, karena bisa saja itu adalah suatu virus.
5. ikuti selalu update dari software keamanan kamu supaya jika ada sebuah patch terbaru ataupun tambalan lubang keamanan yang di lakukan oleh produsen software tersebut. Sehingga akan lebih mengamankan komputer kamu.
                                                 SEMOGA BERMAFAAT

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung